Faktur Penjualan

Untuk memulai input faktur penjualan, pada menu Penjualan pilih Faktur Penjualan.

No Form akan terupdate sendiri nomor urutnya, tetapi kita dapat mengubahnya sendiri sesuai keinginan. Pada kolom pelanggan kita dapat mengisikan nama pelanggan atau pun klik tanda “” maka akan di tampilkan menu daftar pelanggan yang ada. Dalam kolom pencarian dapat mencari pelanggan yang kita inginkan, dengan demikian akan ditampilkan semua nama pelanggan yang kata kuncinya mirip dengan apa yang diisikan. Tanda “+” pada kolom alamat digunakan untuk melihat alamat lain dari pelanggan.

Jika limit piutang pada suatu pelanggan melebihi yang diberikan, maka akan muncul menu peringatan. Jika masih ingin menjual barang pada pelanggan tersebut klik Yes. Setelah itu data pelanggan akan terisi otomatis pada setiap komponen data pelanggan yang ada, contoh Nama Sales.

Untuk menginputkan barang, dapat dilakukan dengan mengetik nama barang di kolom kode atau klik “” untuk menampilkan menu lookup Barang. Ketikan nama barang yang ingin dicari, lalu klik OK, pilihlah barang yang ingin dipakai.

Info Pelanggan dan Info Barang menampilkan detail pelanggan dan barang, HPP+FBK(Avg) dapat di sembunyikan menurut hak akses. Harga Jual Terakhir : dapat digunakan sebagai histori penjualan yang dilakukan pada satu barang. Klik kanan pada suatu kolom barang dapat menampilkan menu, fungsi menu tersebut antara lain :
Baru :  untuk menambah baris baru.
Hapus : untuk menghapus satu baris yang di tunjuk.
Item Baru : untuk mengakses pada form input barang baru.
Pilih Harga Jual : untuk mengganti kode harga jual, contoh GROSIR menjadi harga SPECIAL.
Kuantitas Sisa & Harga Beli :  untuk menampilkan sisa stok dan harga beli, menu ini dpt di sembunyikan menurut hak akses.
Naik dan Turun : untuk menaikan dan menurunkan baris-baris barang sesuai kebutuhan.

Untuk melakukan cetak faktur dapat dilakukan pada menu cetak, kemudian akan muncul pilihan faktur apa yang ingin dicetak, antara lain :
Faktur Penjualan : digunakan untuk mencetak faktur penjualan.
Faktur Penjualan (Full) : digunakan untuk mencetak faktur penjualan secara lembar penuh.
Tanda Terima Barang : digunakan untuk mencetak faktur tanda terima.
Tanda Terima Barang (Full): digunakan untuk mencetak faktur tanda terima secara lembar penuh.
Faktur Kecil : digunakan untuk mencetak struk. Tidak dapat di preview.
Preview : digunakan untuk melihat hasil cetak sebelum dicetak.
Printer : digunakan untuk mencetak faktur.
Rancangan : digunakan untuk merancang kembali faktur yang ingin dicetak.
Print Batch# : digunakan untuk mencetak semua faktur yang belum dicetak.

Sebelum mencetak faktur, setting dahulu printer yang ingin digunakan, cukup sekali saja setting printernya.

Faktur jual atau transaksi stok lain akan menambah atau mengurangi stok yang tersedia, dapat dilihat melalui Laporan Inventori > Pergerakan Barang. Bisa juga di akses melalui kartu stok.

Di bawah ini adalah gambar contoh pergerakan barang yang sudah dijual. Tanggal yang ingin ditampilkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan saat itu.

Faktur Cash : sebelum disimpan input pembayaran di faktur dahulu, dengan cara klik tanda “>” pada samping Total Net. Isi nominal pembayaran yang sama dengan faktur lalu klik OK.

Pada saat disimpan maka akan muncul tanda LUNAS pada form. Faktur ini tidak akan muncul pada daftar piutang pelanggan, karena sudah lunas. Menu ini juga bisa digunakan bila pembayaran tidak sepenuhnya, dengan begitu sisa piutang akan muncul pada daftar piutang pelanggan.